Kamis, 16 September 2021

Nomor hk yang akan keluar malam ini

Nomor hk yang akan keluar malam ini

Nomor hk yang akan keluar malam ini - Penelitian ini membahas peran jangka panjang angkahongkong sebagai pusat keuangan internasional terkemuka di Tiongkok Raya dengan melihat pertumbuhan Shanghai yang pesat. Menggunakan pendekatan sintesis politik dan ekonomi, daripada analisis dan peramalan ekonomi murni, dikatakan bahwa Shanghai tidak mungkin menyalip/menggantikan angkahongkong sebagai pusat keuangan internasional di wilayah tersebut. 

angkahongkong masih akan mempertahankan posisinya di tahun-tahun mendatang bahkan jika Shanghai telah melakukan upaya besar untuk membangun kembali industri keuangannya. Karena struktur industrinya yang berbeda, ukuran negara yang tipis, dan yang paling penting adalah perbedaan posisi oleh pemerintah pusat dan daerah.

 kedua kota tersebut tidak harus bersaing, tetapi sebenarnya dapat menjadi mitra yang saling melengkapi, melayani dua daerah pedalaman yang tidak tumpang tindih. Penelitian ini juga menegaskan bahwa integrasi angkahongkong dengan ekonomi daratan sangat penting untuk meningkatkan daya saingnya, sambil menekankan reformasi kebijakan bagi angkahongkong untuk mempertahankan keunggulan strategis atas Shanghai.

Nomor hk yang akan keluar malam ini - pemain strategis

Membahas peran jangka panjang yang dimainkan angkahongkong sebagai pusat keuangan internasional terkemuka di Tiongkok Raya dan dampak pertumbuhan cepat Shanghai di angkahongkong. Dari pendekatan komprehensif untuk ilmu politik dan ekonomi, daripada analisis dan proyeksi, Shanghai tidak mungkin melampaui atau menggantikan angkahongkong sebagai pusat keuangan internasional di kawasan untuk penelitian. 

Shanghai telah melakukan upaya besar untuk merevitalisasi sektor keuangan, angkahongkong akan mempertahankan statusnya saat ini untuk tahun-tahun mendatang. Dengan mempertimbangkan perbedaan struktur industri dan posisi pemerintah pusat dan daerah, kedua kota ini tidak serta merta menjadi saingan, mereka dapat menjadi mitra untuk saling melengkapi dan melayani dua daerah yang jauh. Menurut penyelidikan, integrasi ekonomi angkahongkong dengan China Daratan sangat penting untuk meningkatkan daya saingnya, sementara reformasi kebijakan angkahongkong juga kondusif untuk mempertahankan keunggulan strategisnya.

pengantar

Ada banyak pembicaraan tentang peran angkahongkong sebagai pusat keuangan internasional yang digantikan oleh Shanghai, sejak kedaulatannya kembali ke China. Memang, karena kedua kota ini memiliki banyak kesamaan, sangat wajar jika orang bertanya mana yang pada akhirnya akan menjadi pemimpin di China dan juga di kawasan itu. 

Pertumbuhan Shanghai sangat spektakuler, bersama dengan banyak kota daratan lainnya sejak kebijakan keterbukaan China, dan mungkin lebih dari yang lain. Ledakan konstruksi dan transformasi perkotaan dramatis yang dipimpin oleh proyek mega investasi yang dimulai pada 1990-an di Shanghai telah mengubah kota secara total. Sangat ambisius untuk mendapatkan kembali kejayaannya di masa lalu dengan membangun distrik keuangan yang luas dengan bursa saham barunya yang dua kali lebih besar dari angkahongkong (Huo dan Ahmed, 2017).

Pada tahun 2003, tim peneliti dari Chinese University of angkahongkong dan Shanghai Academy of Social Sciences bersama-sama melakukan survei yang melibatkan 204 CEO dari 187 perusahaan multinasional di dua kota tersebut. Persepsi/prediksi kolektif yang dipegang oleh para CEO dalam survei tersebut adalah bahwa meskipun Shanghai tertinggal dalam daya saing tetapi akan menyusul nomor hk yang akan keluar malam ini pada tahun 2020 (Cheung 2012).

Di sisi lain, ekonomi angkahongkong juga telah mengalami pemulihan bertahap dan kuat sejak Krisis Keuangan Asia (juga tahun serah terimanya), dengan produk domestik bruto (PDB) tumbuh sebesar 4,1% dari tahun 2004 hingga 2013. 

sangat mungkin bahwa beberapa kebijakan yang menguntungkan dan terkait daratan Cina telah membantu menarik ekonomi keluar dari resesi dan memberikan dorongan kuat dan menambah ketahanan. Diantaranya, skema “Perjalanan Perorangan Gratis” yang dilaksanakan pada bulan Juli 2003 oleh pemerintah Tiongkok dan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Tertutup (CEPA) antara Tiongkok daratan dan angkahongkong yang ditandatangani pada tahun 2003 dan dilaksanakan pada tahun 2004 adalah beberapa yang penting (Xu, 2015).

Beberapa orang akan bertanya-tanya apakah tren pembangunan yang menyenangkan tetapi didorong oleh kebijakan dapat berkelanjutan. Bangkitnya Shanghai sebagai pusat keuangan baru telah menimbulkan kekhawatiran tentang masa depan angkahongkong. Kedua perekonomian tersebut jelas memiliki keunggulan dan kelemahan komparatif mereka sendiri, dengan struktur ekonomi mereka sendiri yang unik. 

Dan seiring dengan semakin terintegrasinya ekonomi angkahongkong dengan daratan, dalam makalah ini dikemukakan bahwa jalur pembangunan kedua kota akan lebih ditentukan oleh pemerintah di tingkat yang berbeda dengan daerah pedalaman yang berbeda untuk dilayani dan ceruk pasar yang akan dituju, hubungan mereka kemungkinan akan berkembang menjadi lebih saling melengkapi daripada persaingan di alam. 

Berikut ini, makalah ini akan memberikan analisis komprehensif dari evolusi sejarah, struktur ekonomi, dua daerah pedalaman yang berbeda dan tidak tumpang tindih, dan yang lebih penting adalah pendekatan dan posisi pemerintah.

Sisa naskah diatur sebagai berikut. Bagian kedua membahas pendapat yang berlaku tentang prospek ekonomi angkahongkong dalam kaitannya dengan Shanghai. Yang ketiga menganalisis kebangkitan dan kejatuhan relatif angkahongkong dan Shanghai dari aspek sejarah. Yang keempat meneliti jalur evolusi masa depan kedua ekonomi berdasarkan faktor politik bersama dengan struktur ekonomi mereka saat ini. Kelima mengusulkan beberapa rekomendasi kebijakan dan yang terakhir menyimpulkan.


Tinjauan literatur

Ada sebagian besar dua kubu yang berlawanan yang ada dalam literatur saat ini tentang pembangunan jangka panjang angkahongkong (dalam kaitannya dengan Shanghai), mereka yang memiliki perspektif positif versus mereka yang memiliki pandangan negatif. 

Kubu negatif berpendapat bahwa Shanghai akan melebihi angkahongkong dalam waktu dekat, sedangkan kubu positif berpendapat bahwa angkahongkong akan terus mempertahankan posisinya yang mendominasi dengan kesenjangan yang tersisa antara kedua kota.

Pandangan kelompok CEO tentang masa depan angkahongkong disebutkan dalam sesi pendahuluan, seperti yang dibagikan oleh beberapa ekonom angkahongkong yang memperkirakan bahwa Shanghai akan mengambil alih angkahongkong sebagai pusat keuangan internasional dalam lima tahun, asalkan sektor keuangan China yang berantakan dapat diatasi. 

Renminbi (RMB) dapat sepenuhnya dikonversi, sementara gedung pencakar langit yang menjulang tinggi menjamur di distrik keuangannya yang luar biasa, dengan volume bursa baru dua kali lipat angkahongkong (Cheung, 2012).

Namun, kubu positif melihat kesenjangan besar antara kedua kota, bukan dari segi infrastruktur fisik, tetapi dari segi infrastruktur kelembagaan dan sistem ekonomi. Mereka berpendapat bahwa kekayaan angkahongkong sebagian besar dibangun di atas kekuatan ini. Shanghai di sisi lain tidak fleksibel dalam struktur politik dan sewenang-wenang dalam melakukan urusan hukum, sesuatu yang tidak menarik bagi investor asing. 

angkahongkong adalah salah satu dari sepuluh pusat perbankan terbesar di dunia, pasar valas terbesar kelima, dan pasar saham terbesar ketiga, dan ada lebih banyak bank asing di angkahongkong daripada gabungan Singapura dan Jepang. Mereka berpendapat bahwa angkahongkong tidak perlu merasa terancam oleh kebangkitan dan persaingan Shanghai. 

Shanghai masih berjuang untuk menangani banyak masalah sulit dari infrastruktur keuangannya sendiri, seperti tertinggal di belakang penelitian keuangan, pendidikan keuangan yang terbelakang, ketidakpekaan perusahaan terhadap perubahan suku bunga, kredibilitas agen ekonomi yang rendah, moral hazard yang parah, seleksi yang merugikan di bank.

 peminjaman dan pencatatan saham, serta korupsi dan budaya mencari rente pejabat pemerintah. Karena masalah ini tidak dapat diselesaikan dalam waktu dekat, Shanghai tidak dapat menjadi ancaman nyata bagi angka hongkong di masa mendatang (Horesh, 2013).

 Apalagi, angkahongkong masih memiliki basis ekonomi yang jauh lebih besar dari Shanghai. Pada tahun 2014, misalnya, PDB per kapita Shanghai, investasi asing langsung (FDI) dan total perdagangan (ekspor plus impor) masing-masing hanya 38%, 17% dan 21% dari angkahongkong (Ho dan Odhiambo, 2015). Jadi, tidak mungkin untuk mengejar ketertinggalan dalam waktu dekat.

Mengenai perubahan posisi relatif kedua kota yang disebabkan oleh China yang bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), para pesimis berpendapat bahwa peran angkahongkong sebagai jembatan ke China untuk bisnis internasional akan menjadi usang. 

Dengan aksesi China ke WTO, orang asing sekarang dapat berurusan langsung dengan Shanghai dan di tempat lain di China. Selain itu, Shanghai adalah fokus baru yang jelas bagi perusahaan asing untuk mendapatkan keuntungan dari pasar China yang besar. 

Banyak yang khawatir bahwa, jika Shanghai akan segera menjadi pengganti angkahongkong sebagai kantor pusat regional atau China dari perusahaan asing, peran angkahongkong sebagai perantara perdagangan China sangat dirusak, Juga, Shanghai yang membuat lompatan kuantum dalam reformasi kelembagaannya pada akhirnya akan merampok angkahongkong daya saing (T. Lai et al., 2016).

Pandangan ini, bagaimanapun, tidak dimiliki oleh kubu yang berlawanan. Baik bagi angkahongkong, seperti yang mereka katakan, bahwa komunitas bisnis internasional berfokus pada pasar China setelah bergabung dengan WTO. Meskipun lebih mudah bagi perusahaan untuk memasuki pasar Tiongkok secara langsung, mereka masih membutuhkan pengusaha angkahongkong.

Untuk membantu mereka menavigasi melalui labirin peraturan dan kebiasaan tentang cara berbisnis di Tiongkok. Seperti yang dikatakan Deng Xiaoping, China akan membutuhkan banyak angkahongkong. Faktanya, peningkatan pangsa China dalam perdagangan dunia akan meningkatkan kemakmuran angkahongkong, dan perdagangan eksternal China yang besar dan meningkat menghasilkan bisnis yang cukup untuk beberapa pelabuhan. 

Juga, angkahongkong dan Shanghai dengan daerah pedalaman yang tidak tumpang tindih (Delta Sungai Yangtze – YRD dan Delta Sungai Mutiara – PRD) dapat mengejar strategi pembangunan regional yang berbeda (Imbruno, 2016).

Pesimis mengkritik bahwa struktur ekonomi angkahongkong terlalu miring untuk dapat disesuaikan atau manufakturnya terlalu lemah untuk tumbuh. Sebagai ekonomi terbuka kecil, angkahongkong dikembangkan sebagai entitas \"independen\". 

Namun pertumbuhannya sebagian besar bertumpu pada sumber daya impor dan pasar luar. Ketika perusahaan manufaktur tradisionalnya pindah ke utara ke Kanton untuk pengurangan biaya, pangsa industri angkahongkong dalam ekonominya telah turun menjadi kurang dari 5%. 

Jasa menyumbang 89% dari output agregat kota; ekonomi semacam itu rentan terhadap gelembung spekulatif atau fluktuasi luar (Burdekin dan Yang, 2013). Selain itu, karena tidak menemukan akumulasi stok teknologi canggih maupun kapasitas R&D yang kuat untuk memodernisasi industri angkahongkong, orang ragu apakah angkahongkong mampu bersaing dengan Shanghai dengan fondasi teknologi yang kokoh dan industri enam pilar.

Namun, optimis yakin bahwa angkahongkong dapat mengembangkan industri seperti IT, teknik biologi dan produk obat Cina dengan menggunakan jaringan komersial yang luas dan modal. Mereka mencontohkan Singapura sebagai contoh yang bisa diikuti oleh angkahongkong. 

Sebagai ekonomi terbuka kecil, Singapura berhasil membangun industri penyulingan minyak terbesar ketiga di dunia meskipun tidak memiliki cadangan minyak. Mereka percaya bahwa angkahongkong dapat melakukan sebaik Singapura untuk menghidupkan kembali industrinya dengan membiayai usaha patungan tertentu, dan menarik proyek ke angkahongkong, untuk mengoptimalkan strukturnya, sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan (Li dan Whalley, 2017).

Mayoritas literatur saat ini sebagian besar berfokus pada tokoh-tokoh keras dan faktor-faktor ekonomi untuk melakukan analisis dan prediksi mereka. Dengan pertimbangan yang sangat sedikit dari perspektif politik dan sejarah, skenario, oleh karena itu, yang disediakan oleh kedua kelompok, cenderung sederhana, baik angkahongkong disusul oleh Shanghai atau Shanghai tertinggal. Kemungkinan yang lebih realistis mungkin merupakan sesuatu di antaranya, dan lebih kompleks, berbeda sifatnya.


Sejarah Nomor hk yang akan keluar malam ini

Kisah dua kota tentu mengandung kisah naik turunnya masing-masing dalam sejarah. Hal ini tentu bermanfaat untuk melihat interaksi masa lalu mereka, karena tinjauan jalur evolusi mereka sering menjelaskan masa depan mereka. Menurut sejarah, kebangkitan angkahongkong bertepatan persis dengan kejatuhan Shanghai, dan kebangkitan/kejatuhan relatif ini ada hubungannya dengan perang yang menimpa Tiongkok. 

angkahongkong telah muncul sebagai kota metropolitan modern dari sebuah desa nelayan di Cina Selatan, dan kekayaannya bervariasi dengan hubungannya yang berubah dengan daratan Cina. Hubungannya dengan daratan pada umumnya dan Shanghai pada khususnya lebih menarik setelah Perang Dunia II daripada sebelumnya.

Arus masuk populasi kecil dari daratan utama ke angkahongkong sebelum Perang Dunia II menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam standar hidup di antara kedua wilayah tersebut. 

Meskipun beberapa keluarga Cina memperoleh kekayaan melalui kegiatan perdagangan di koloni Inggris yang direbut melalui Perang Opium, kehidupan bagi sebagian besar penduduk kecil angkahongkong jauh lebih tidak menyenangkan daripada di Shanghai, salah satu pusat industri dan komersial paling maju di Asia. 

waktu itu. Setiap tahun 5% sampai 10% dari populasi dan dalam beberapa tahun bahkan 10% sampai 15% meninggalkan angkahongkong dan kembali ke daratan. Pemerintah kolonial telah menyediakan sebagian besar pendapatan publik melalui monopoli opium sampai Perang Dunia II (Miners, 1983).

Sebuah kemajuan dramatis kekayaan angkahongkong terjadi ketika pengungsi dari Perang Dunia II dan Perang Saudara 1946-1950 melarikan diri ke angkahongkong dan banyak perusahaan pindah ke sana dari Shanghai dan kota-kota daratan lainnya. 

Ibu kota utara yang memasuki angkahongkong, berjumlah miliaran dolar angkahongkong (jumlah yang sangat besar pada waktu itu), merupakan dorongan besar bagi perkembangan wilayah tersebut. Para pengungsi yang datang dari Kanton sebagian besar adalah buruh; tapi ada banyak industrialis yang datang dari Shanghai. 

Pengusaha ini membawa ke angka hongkong tidak hanya modal dan teknologi, tetapi juga sejumlah besar pekerja terampil, pengetahuan pemasaran dan jaringan penjualan. Bisnis mereka mencakup berbagai sektor seperti manufaktur, ritel, perbankan, film, perkapalan dan profesi; pendatang baru bisnis jauh lebih luas daripada aktivitas perdagangan sederhana di angkahongkong, mendorong pertumbuhan ekonomi yang cepat (Peterson, 2008).

Kekayaan angkahongkong terus meningkat setelah Perang Saudara dan selama Perang Dingin di seluruh dunia, sementara Shanghai terus jatuh dan akhirnya kehilangan status unggulannya sebagai pusat bisnis Asia. 

Setelah Perang Korea, AS memberlakukan embargo perdagangan terhadap China, sehingga peran menguntungkan angkahongkong sebagai pusat perdagangan entrepot terhenti. Selama masa sulit ini, hubungan angkahongkong dengan daratan sangat melemah, dan sejumlah pengusaha asal Shanghai memelopori peralihan ekonomi angkahongkong ke manufaktur yang berorientasi ekspor. 

Pada tahun 1959, ekspor domestik melebihi ekspor ulang untuk pertama kalinya dalam sejarah angkahongkong, mengambil 70% dari total perdagangannya. Manufaktur yang padat karya dan berwawasan ke luar ini kemudian menjadi mesin bagi pertumbuhan abadi angkahongkong, yang mencapai 11,7% pada 1960-an dan 9,2% pada 1970-an (Clayton, 2007).

Selama bertahun-tahun hingga 1997, tahun kembalinya angkahongkong ke Cina, pemerintah kolonial dengan tingkat diskonto yang tinggi telah menerapkan pendekatan yang ringan terhadap kebijakan ekonomi. 

Mereka memiliki sedikit insentif untuk melakukan proyek-proyek besar untuk mempromosikan pembangunan tetapi hanya peduli untuk memastikan bahwa angkahongkong tidak menjadi beban fiskal London. Mengatur angkahongkong dengan cara ini memungkinkan para pengusahanya untuk menghindari sanksi AS, dan akibatnya daratan utama tetap menjadi sumber impor angkahongkong terbesar kedua pada tahun 1978 (Lam, 2000). 

Melayani sebagai perantara antara Cina dan pasar dunia, angkahongkong menuai banyak keuntungan dari re-ekspor. Sementara sebagian besar perdagangan eksternal China dilakukan melalui angkahongkong, Shanghai hanya bertindak sebagai produsen barang, jauh lebih rendah dalam hierarki. Kebijakan pintu tertutup China menempatkan Shanghai seperti singa besar dalam sangkar ketat ekonomi terencana dan secara efektif mengisolasi angkahongkong dari persaingan Shanghai (Horesh, 2013).

Kekayaan angkahongkong telah berkembang pesat sejak China membuka perdagangan dunia pada tahun 1978. angkahongkong menikmati keuntungan ekspor ulang yang sangat besar, meningkat dengan kecepatan yang meningkat, berkat ekonomi China yang tumbuh cepat. Misalnya, perdagangan antara angkahongkong dan China daratan mencapai HK$ 987,1 miliar pada tahun 1995, 88,64 kali lipat dari tahun 1978, dan hasil kotor ekspor ulang ini berjumlah HK$ 204 miliar. 

Sembilan puluh persen dari ekspor ulang angkahongkong melibatkan daratan sebagai sumber atau tujuan, dan perdagangan antara kedua belah pihak menyumbang 40% dari total nilai perdagangan angkahongkong; sekitar seperempat ekspor Inggris ke Cina daratan melewati angkahongkong.

Sebaliknya, dari tahun 1978 hingga pertengahan 1990, Shanghai, yang mengalami kelambanan ekonomi terencana yang lebih berat daripada bagian lain negara itu, mengalami penurunan pangsa perdagangan eksternal dalam total nasional (turun dari 1/6 pada awal 1980-an menjadi 7,8%). pada tahun 1995) (Chan dan Zhao, 2012).

Sebagian dari kekayaan nomor hk malam ini dapat dikaitkan dengan masalah Taiwan di China. angkahongkong memainkan peran entrepot untuk sebagian besar perdagangan antara Taiwan dan daratan, karena \"perang dingin\" (perpanjangan Perang Saudara 1946-1950) masih melintasi selat, dan perdagangan langsung atau transportasi dengan daratan adalah dilarang oleh Taiwan hingga 1990-an.

angkahongkong, bersama dengan negara tetangga Makau, telah diuntungkan dari situasi lintas selat ini, permusuhan politik dengan ekonomi yang semakin menghubungkan. Misalnya, pengunjung Taiwan melakukan 450.000 perjalanan ke Guangdong melalui kedua kota pada tahun 1996 saja (Sheng, 2012). Setelah tautan langsung lengkap diizinkan melintasi selat, Shanghai bukan angkahongkong yang akan menjadi pelabuhan panggilan pertama Taiwan.

Seperti yang terlihat dari atas, kebangkitan angkahongkong diselingi jatuhnya Shanghai. Hasil/keberuntungan kedua kota pada periode ini jelas bukan hasil kerja dan perkembangan sistem ekonomi internal mereka, tetapi sebagian besar disebabkan oleh faktor politik yang berlaku, perang “panas” dan “dingin” yang menimpa China pada waktu itu.


Tahun 1978 hingga awal 1990-an Nomor hk yang akan keluar malam ini

Selama periode waktu ini, Shanghai sebagian besar diabaikan karena fokus pemerintah pusat untuk membuka Shenzhen dan Guangdong, sementara Shanghai sebagai aset nasional terus dieksploitasi secara berlebihan oleh seluruh negeri.

Deng Xiaoping menyadari hal ini dengan penyesalan di hari-hari terakhir hidupnya, dan Shanghai kemudian dibebaskan. Dalam 20 tahun setelah lepas landas, Shanghai tumbuh dengan kecepatan yang fantastis dan angkahongkong merasakan tekanan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Namun, lebih baik bagi angkahongkong untuk merespons secara positif daripada pasif terhadap tantangan baru dan menarik yang dihadirkan oleh kebangkitan kembali Shanghai ini. Secara historis, jatuhnya Shanghai menyiratkan kebangkitan angkahongkong; tetapi di masa depan, kebangkitan kembali Shanghai tidak perlu berarti kehancuran angkahongkong.


Posisi ekonomi

Pendapat yang masuk akal adalah bahwa mengingat ukuran ekonomi yang lebih besar dan populasi angkahongkong yang lebih kecil daripada rekan-rekannya di Shanghai, pasti Shanghai tidak dapat melampaui angkahongkong dalam hal PDB riil per kapita dalam waktu dekat. 

Saat ini, kami tidak melihat kemungkinan keberhasilan, penangkapan cepat oleh Shanghai kecuali jika angkahongkong terjun ke dalam resesi yang berkepanjangan dan dalam seperti Jepang. Terlalu dini untuk secara serius memprediksi prospek relatif jangka panjang dari kedua ekonomi, karena prediksi untuk jangka panjang menjadi sangat tidak dapat diandalkan di bawah ketidakpastian yang besar. Mari kita lihat prospek masa depan dalam waktu sekitar 20 tahun.

Faktanya, PDB Shanghai telah melampaui angkahongkong pada tahun 2009 sementara PDB per kapitanya hanya mencapai 39% dari angkahongkong pada tahun 2014. Selain itu, pertumbuhan dua digit Shanghai akan sangat sulit dipertahankan dalam 20 tahun lagi. 

Waktu yang dibutuhkan untuk mengejar akan lebih lama jika ekonomi angkahongkong tumbuh lebih cepat. Lebih penting lagi, Shanghai tunduk pada populasi yang terus mengalir yang menambah populasi penduduk tetapnya yang besar. 

Semakin cepat ekonomi Shanghai tumbuh (yaitu, semakin besar PDB-nya), semakin besar arus masuk populasi yang akan ditariknya dan karenanya semakin sulit bagi Shanghai untuk menutup kesenjangannya dengan angkahongkong dalam PDB per kapita. Faktanya, pertumbuhan Shanghai dan pertumbuhan angkahongkong berkorelasi positif dengan pertumbuhan China, dan ketiga ekonomi tersebut saling mempengaruhi satu sama lain (Zhang, 2013).


Status keuangan Nomor hk yang akan keluar malam ini

Sementara beberapa orang meragukan keunggulan angka hongkong malam ini atas Shanghai dalam bidang keuangan untuk waktu yang lama, kami berpendapat bahwa akan sangat sulit bagi keuangan Shanghai untuk melampaui cakupan dan level angkahongkong dalam waktu singkat. 

Meskipun Indeks Pusat Keuangan Global Shanghai (GFCI) meningkat dari sekitar 600 pada tahun 2007 menjadi sekitar 700 pada tahun 2016, kinerjanya tidak mengalami peningkatan yang besar dari tahun 2010 hingga sekarang (Fan dan Wang, 2017). 

Keuangan Shanghai masih dalam masa pertumbuhan dan tidak dapat dianggap sebagai saingan serius bagi angkahongkong. Hanya sedikit praktisi keuangan dan karyawan bank di daratan yang tahu banyak tentang inovasi keuangan, derivatif modern, atau sekuritisasi aset. 

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa biaya faktor (misalnya, harga real estat) di Shanghai naik secara substansial dan menambah biaya transaksi yang tinggi; ini mengurangi keuntungan berbiaya rendah melakukan bisnis di Shanghai. 

Dengan pusat keuangannya yang mengesankan bertempat di gedung tertinggi di dunia, keunggulan \"perangkat keras\" Shanghai masih jauh dari cukup untuk menutupi kelemahan \"perangkat lunak\"-nya. Para ahli menunjukkan bahwa Shanghai tidak dapat diharapkan untuk mengejar angkahongkong setidaknya dalam 10 tahun. Bahkan, pemerintah pusat dan daerah berencana untuk menyelesaikan pembangunan kembali Shanghai sebagai pusat keuangan internasional dalam 15 sampai 20 tahun (Wang et al., 2013).

Keuangan angkahongkong dapat terus tumbuh dengan memanfaatkan liberalisasi keuangan China. Dari 1993 hingga 2013, angkahongkong membantu perusahaan milik negara dengan listing di luar negeri, yang mengumpulkan dana senilai HK$ 6 triliun, yang menyumbang lebih dari setengah nilai pasarnya. Setidaknya 176 perusahaan daratan mendaftar di angkahongkong pada tahun 2013, dan lebih banyak dari mereka datang ke kota daripada sebaliknya (Güçbilmez, 2015).

Bahkan jika Shanghai ingin memenuhi ambisinya, peran angkahongkong sebagai pemodal China tidak akan terkikis atau dihilangkan. Sampai RMB menjadi sepenuhnya dapat dikonversi, yang mungkin memakan waktu satu atau dua dekade, China akan membutuhkan angkahongkong untuk memanfaatkan keuangan internasional.


Struktur dan hubungan

Komplementaritas

Hubungan ekonomi antara angkahongkong dan Shanghai dipengaruhi oleh daerah pedalaman yang tidak tumpang tindih secara geografis dan oleh perbedaan besar dalam struktur ekonomi mereka, yang sulit diubah. Hubungan ekonomi dan pergeseran struktural menunjukkan bantalan tertentu untuk pembangunan jangka panjang angkahongkong. Hubungan antara angkahongkong dan Shanghai sebagian besar saling melengkapi dan bukannya saling menggantikan, dengan sedikit banyak persaingan dalam penyesuaian struktural mereka.


Struktur ekonomi

angkahongkong telah tumbuh lebih erat dengan ekonomi daratan sejak 1997, karena kemampuan kota untuk mengembangkan ekonomi layanan yang maju. Hal ini menempatkan angkahongkong pada posisi yang ideal untuk mendapatkan keuntungan dari pergeseran struktural yang terjadi di daratan tetangga. Modal China, yang dihasilkan dari perdagangan eksternal dan pendapatan dari sektor manufakturnya yang besar, telah berkembang pesat dan akan dihabiskan untuk perjalanan wisata, makan malam restoran kelas dunia, produk bermerek, daftar saham, dll. 

angkahongkong paling cocok untuk memenuhi ini permintaan konsumsi yang tinggi dari penduduk daratan yang baru berduit. Pembelian pengunjung ke angkahongkong ini menyumbang sekitar 12% dari penjualan ritel kota pada tahun 2004, dan pada tahun 2015 angka ini mencapai 34% (Shen at al., 2017).

Struktur ekonomi Shanghai lebih seimbang daripada angkahongkong. Di bawah ekonomi terencana, Shanghai menekankan pada industri berat/kimia padat modal/teknik. Penekanan telah dialihkan ke industri teknologi-intensif atau teknologi tinggi sejak reformasi. 

Meskipun secara sengaja mempromosikan sektor tersier selama dua dekade terakhir, Shanghai tidak mengabaikan pertumbuhan sektor sekundernya. Porsi sektor jasa dalam CDP kota meningkat dari 18,6% pada tahun 1978 menjadi 60,7% pada tahun 2013. 

Kontribusi sektor tersier terhadap pertumbuhan output Shanghai adalah 61,4% pada tahun 2001 sedangkan sektor sekunder masih memberikan kontribusi sebesar 38,0% (Bastida & Huan, 2014 ). Jadi, tidak seperti angkahongkong, Shanghai tidak bergantung pada layanan saja untuk pertumbuhan. Perbedaan struktur ekonomi yang begitu besar menyiratkan bahwa tidak akan ada persaingan langsung antara kedua kota.


kompetisi regional

Mengingat biaya faktor yang tinggi di angkahongkong, ia mungkin kehilangan daya saingnya dengan Shanghai kecuali jika mempercepat integrasi dengan PRD yang berkembang pesat. Hal ini diperlukan, tidak hanya karena PRD memberikan angkahongkong daerah pedalaman dengan tenaga kerja yang lebih murah/terampil dan tanah yang lebih murah dibandingkan dengan Shanghai

Tetapi juga karena keunggulan PRD dari industri primer dan sekunder dapat melengkapi keunggulan modal dan layanan angkahongkong dan biaya transaksi (Loughlin dan Pannell, 2010). Fusi ekonomi ini akan membuat struktur ekonomi angkahongkong Raya lebih seimbang dan menghasilkan efek sinergi yang kuat pada pertumbuhan jangka panjangnya.

Banyak yang percaya bahwa persaingan kedua kota ini sebenarnya antara wilayah PRD yang berpusat di angkahongkong dan wilayah YRD yang berpusat di Shanghai. Meskipun angkahongkong masih diuntungkan dari “perang dingin” lintas selat, angkahongkong tidak dapat bersandar pada penopang politik ini tanpa batas. 

Shanghai dan daerah pedalamannya kini telah menjadi favorit baru bagi investor Taiwan, dan sekitar 700.000 orang Taiwan tinggal dan bekerja di Greater Shanghai. Perubahan ini tidak hanya merugikan angkahongkong tetapi juga seluruh PRD, di mana sebagian besar investasi Taiwan senilai US$ 100 miliar di daratan berada (G. Li et al., 2013). Setelah hubungan lintas selat langsung diizinkan, persaingan regional akan meningkat karena investor Taiwan terus bergeser ke utara.


Hubungan dominan

PRD dan YRD merupakan wilayah geografis yang tidak tumpang tindih, sehingga peran masing-masing kota untuk hinterlandnya sendiri tidak tergantikan. Namun persaingan dapat muncul dan semakin kuat jika struktur ekonomi kedua wilayah menjadi lebih mirip. Investasi Taiwan di industri teknologi tinggi daratan menjadikan YRD sebagai pusat ekonomi TI China, menyisakan ruang yang lebih kecil untuk rencana ambisius angkahongkong untuk menjadi pelabuhan siber regional. Persaingan bebas tanpa campur tangan pemerintah akan berakhir dengan hasil yang mengecewakan ini (Sheng, 2017).

Saat ini, persaingan antara kedua delta tersebut tidak kuat karena struktur ekonominya yang berbeda. Pada tahun 2013, rasio jasa dan perdagangan terhadap PDB masing-masing adalah 71% dan 221% untuk angkahongkong Raya, dan 51% dan 121% untuk Shanghai Raya (L. Lai et al., 2014). 

Juga, struktur ekonomi masing-masing pedalaman telah berasimilasi dengan kota pusatnya sendiri. Perbedaan lintas wilayah dan kesamaan dalam wilayah tersebut akan mengurangi persaingan antara kedua wilayah dan memberikan lebih banyak ruang untuk saling melengkapi. Mungkin, komplementaritas akan mendominasi persaingan.

Kedua kota dapat bekerja sama untuk mendapatkan manfaat yang saling melengkapi karena yang lemah di angkahongkong adalah yang kuat di Shanghai dan sebaliknya; ini adalah sumber efisiensi pelengkap. 

angkahongkong dapat membantu Shanghai dalam pengembangan sektor keuangannya sementara Shanghai dapat membantu angkahongkong dalam upayanya memodernisasi manufaktur. Hasil dari melakukannya akan menjadi peningkatan substansial dalam daya saing gabungan kedua kota. Untuk mencapai hal ini diperlukan koordinasi antar pemerintah yang kuat.


Industri Nomor hk yang akan keluar malam ini

Perkembangan industri modern skala besar di angkahongkong bertumpu pada pendekatan yang tepat yang diambil oleh pemerintahnya dengan visi yang besar dan tekad yang kuat. Dalam hal ini, daratan dan angkahongkong memiliki tradisi yang sangat berbeda. 

Pemerintah daratan (lokal dan pusat) pandai menggunakan langkah-langkah administratif untuk melaksanakan proyek-proyek besar; hasilnya, baik atau buruk, cepat dan signifikan. China menjadi negara manufaktur terbesar di dunia berkaitan dengan intervensi pemerintah yang aktif dan efektif.

 Sebaliknya, pemerintah angkahongkong (dulu dan sekarang) terbiasa dengan kebijakan yang enteng untuk “mengelola” ekonominya, sehingga terserah pengusaha untuk memilih sendiri proyek apa yang mereka suka. Hasil konsekuennya adalah bahwa angkahongkong telah melihat sektor tersier yang membengkak dan serangkaian industri ringan dengan banyak pabrik kecil.

Tidak seperti angkahongkong, semua Macan Asia lainnya (Korea Selatan, Singapura, dan Taiwan) bukan tipe laissez-faire lepas tangan. Pemerintah mereka secara agresif menjalankan kebijakan industri dalam keberhasilan pengembangan industri berat/kimia dan teknologi tinggi. 

Para pembuat kebijakan Korea secara intensif dan bahkan secara paksa menggunakan berbagai insentif dan disinsentif untuk mempengaruhi kegiatan industri. Pemerintah Singapura juga mengadopsi berbagai kebijakan untuk menarik investasi asing ke dalam manufaktur yang ditargetkan dengan dukungan penghematan paksa hingga 40% dari pendapatan. 

Pada tahun 1983, manufaktur menyumbang sekitar 23% dari PDB baik di Singapura maupun angkahongkong; pada tahun 2013, proporsi ini meningkat menjadi 26,1% di Singapura tetapi turun menjadi 3,4% di angkahongkong (Cressy dan Farag, 2014).


Prospek industri

Mengingat tradisi pemerintah angkahongkong dan pengalaman ekonomi lain, kami tidak optimis dengan perkembangan TI angkahongkong atau industri modern lainnya. Lima tahun lalu, angkahongkong dan beberapa pemerintah daerah tetangga menyatakan untuk meningkatkan struktur industri mereka. 

Lima tahun berlalu; angkahongkong hanya membuat sedikit kemajuan, sementara Shenzhen telah membangun dalam skala besar industri IT, material baru, biotek dan obat-obatan, dan produk IT Dongguan telah terjual habis di seluruh dunia (G. Li et al., 2013). Untuk menghidupkan kembali manufaktur tampaknya menjadi “misi yang mustahil” bagi angkahongkong. Terlalu banyak omong kosong dalam terlalu banyak perdebatan di dewan kota dapat membuat impian TI angkahongkong menjadi kenyataan.

Kemajuan teknologi menjadi penentu pertumbuhan ekonomi yang semakin penting. Pertumbuhan ekonomi yang disebabkan oleh teknologi sudah mencapai 53% di Shanghai 10 tahun yang lalu sementara indeks ini hanya 40% untuk angkahongkong. Akibatnya, pertumbuhan angkahongkong baru-baru ini tertinggal dari ekonomi lain; pada tahun 1997-2013, Taiwan, Korea Selatan dan Singapura tumbuh setiap tahun masing-masing sebesar 4,1%, 4,3% dan 4,7%, sedangkan pertumbuhan angkahongkong hanya 3,2% (Yung et al., 2014). 

Untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang dengan gelembung yang lebih sedikit, angkahongkong mungkin harus bertekad untuk mengembangkan industri modern tertentu, bahkan dengan kekurangan bakat, akumulasi teknologi yang terbatas, dan fondasi industri yang lemah. 

Shanghai dan pemerintah daerah lainnya akan siap membantu. Manfaat pelengkap mungkin sangat besar jika modal dan perdagangan angkahongkong digabungkan dengan kapasitas manufaktur dan teknologi daratan, tetapi untuk mencapainya diperlukan visi ekonomi dan keberanian politik dari pihak pemerintah angkahongkong.


Pikiran pragmatis

Tidak semua orang antusias menghidupkan kembali manufaktur angkahongkong. Mereka bertanya-tanya mengapa memaksanya untuk mengejar industri modern di luar kemampuannya, mengapa tidak memanfaatkan dengan baik keunggulan layanan yang ada untuk pertumbuhan, dan apakah ekonomi jasa mudah dilubangi atau kalah dengan ekonomi yang lebih beragam. 

Kami menduga bahwa pertanyaan-pertanyaan ini juga mencerminkan mentalitas produksi para pemimpin politik angkahongkong yang realistis (meskipun picik). Penting untuk menguraikan mentalitas ini. Faktanya, banyak perekonomian didominasi oleh jasa daripada manufaktur. Mungkin ide yang berani untuk mendasarkan kemakmuran hanya pada layanan karena kebijaksanaan konvensional menekankan pada keragaman manufaktur dan ekonomi yang dinamis. 

Namun, harus diakui bahwa sektor tersier menangkap sebagian besar nilai produk fisik karena biaya pembuatannya hanyalah sebagian kecil dari harga jual akhirnya. Memang, layanan mengeksploitasi manufaktur secara maksimal; e. g., untuk celana jeans yang dijual seharga US$ 100, yang diambil oleh pabrikan hanya US$ 12 (Sheng, 2014). Di mana nilai tambah terbesar diekstraksi adalah dalam layanan, dan inilah mengapa kota-kota besar dunia seperti Frankfurt, London, Milan, New York dan Tokyo telah berkembang dan menjadi kaya.

Ekonomi layanan terkonsentrasi angkahongkong mungkin menjadi dasar untuk menghadapi kota-kota ini. Perubahan struktural di China bertindak untuk mengubah masa depan angkahongkong menjadi kota dunia yang lengkap. Biasanya, ekonomi yang semakin kaya membelanjakan lebih banyak untuk layanan, dan inilah yang terjadi di China. 

Diproyeksikan bahwa jika memasukkan ekonomi bawah tanah pada tingkat minimum 50% dari PDB, populasi pembelanjaan tinggi China dapat tumbuh hingga 350 juta dan angka ini sebenarnya akan lebih besar setelah memperhitungkan pasar baru yang didorong oleh sektor swasta yang dinamis (Chen dan Qin, 2014). Berbagai layanan yang dapat ditawarkan angkahongkong kepada penduduk ini akan membawa pendapatan dan peluang kerja yang tak tertandingi ke wilayah tersebut. 

Keunggulan angkahongkong yang sudah mapan memungkinkannya menjadi pusat layanan unik China, jika dibuka lebih lebar sebagai jendela terbesar China ke dunia dan jika menjadi lebih mudah bagi penduduk daratan untuk berkunjung dan bekerja. 

Di dunia saat ini, sektor jasa semakin memberikan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat dan produktivitas tenaga kerja yang lebih besar. Dengan mengingat hal ini, dan mengingat perubahan besar yang terjadi di Tiongkok, angkahongkong diperkirakan akan menjadi kota boom berikutnya di dunia (Sheng dan Wan 2017). Mengingat kebijakan pemerintahnya yang lemah dan tenaga kerja berkualitas rendah untuk industri teknologi tinggi, angkahongkong harus tetap berpegang pada layanan untuk kemakmuran.


Rekomendasi kebijakan

Jiwa wirausaha yang terkenal dari orang angkahongkong mungkin karena kebijakan minimalis pemerintah kolonial, karena tidak peduli dengan apa yang akan dilakukan orang lokal untuk mencari nafkah atau kekayaan. Di bawah kondisi persaingan yang baru, pemerintah angkahongkong harus menyediakan layanan yang cukup bagi para pengusahanya untuk mencapai pertumbuhan yang stabil. Untuk tujuan ini, kami memberikan rekomendasi kebijakan berikut untuk pembangunan jangka panjang angkahongkong.

Pertama, angkahongkong harus memanfaatkan CEPA sepenuhnya dan memberikan layanan bernilai tambah tinggi ke daratan. China daratan melakukan upaya besar untuk mereformasi peraturan pemerintah, infrastruktur hukum, sistem keuangan, tata kelola perusahaan, promosi perdagangan eksternal, dan praktik serta standar profesional. 

Banyak orang di daratan percaya bahwa mereka harus banyak belajar dari dunia luar, dan ini menciptakan permintaan terus-menerus untuk layanan kelas atas. AS telah meraih pangsa terbesar dari pasar yang berpotensi sangat besar ini; jadi, AS, bukan Shanghai, yang bersaing dengan angkahongkong. 

Sebenarnya, Shanghai perlu menerima daripada menyediakan layanan kelas atas; jadi, memperlakukan Shanghai sebagai saingan adalah cara yang menyesatkan untuk merencanakan pertumbuhan angkahongkong. angkahongkong harus inovatif dalam keterampilan layanan dan atraksi untuk mengatasi tantangan AS. Itu dapat menambah nilai tinggi pada layanannya untuk memenuhi kebutuhan pasar daratan dan komunitas bisnis internasional yang juga mencari pijakan di sana.

Untuk mempromosikan bisnis jasa angkahongkong, Beijing menandatangani CEPA pada tahun 2003. Dengan kepercayaan yang melonjak, angkahongkong melihat pertumbuhan mencapai 7,3% pada tahun 2004. CEPA menurunkan penghalang masuk angkahongkong ke pasar daratan. Misalnya, persyaratan modal untuk bank-bank angkahongkong untuk cabang di daratan dikurangi dari US$ 20 miliar menjadi US$ 6 miliar (Ching et al., 2012). 

1. Pertama dia memberi angkahongkong keuntungan penggerak pertama sebelum China membuka pasar keuangannya sebagaimana diatur dalam perjanjian WTO. Lembaga asing yang menunggu kecewa, karena mereka merasa diperlakukan tidak adil di bawah CEPA. Pertanyaan untuk angkahongkong adalah bagaimana memanfaatkan permintaan layanan daratan yang tumbuh cepat dengan memanfaatkan CEPA secara penuh dengan cepat.

2. Kedua, angkahongkong harus mempromosikan kerja sama yang lebih erat dengan pebisnis luar dan pemerintah untuk mengembangkan industri modernnya. Untuk membuat terobosan bagi industri teknologi tinggi, angkahongkong perlu mengatur pengusaha dan pemodal lokal untuk bekerja sama dengan Shanghai untuk bantuan di bidang manufaktur, dengan Beijing untuk bantuan dalam R&D, Taiwan untuk impor pengetahuan teknis, wilayah PRD untuk rendah- biaya dan tenaga terampil, dan pemerintah pusat untuk dukungan koordinasi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, angkahongkong telah berhasil dalam industri telekomunikasi melalui inovasi teknologi. Kisah sukses lainnya adalah proyek Disneyland angkahongkong, yang menghadirkan “keajaiban” pada tahun 2005 lebih awal dari yang diharapkan berkat dukungan luar biasa dari pemerintah. Itu menyiratkan bahwa angkahongkong dapat melakukan apa pun yang benar-benar ingin dilakukannya jika pemerintah memberikan bantuan yang kuat; jadi, masalah modernisasi industrinya adalah masalah tekad (Sheng et al, 2017).

3. Ketiga, angkahongkong perlu memberikan upaya untuk mengubah dirinya menjadi pusat lepas pantai RMB, yang sangat penting untuk memperkuat statusnya sebagai pusat keuangan kelas dunia. Singapura dulu dianggap sebagai pesaing keuangan angkahongkong, tetapi tantangan nyata kemudian datang dari Shanghai yang pasar keuangannya telah terlibat dalam bisnis RMB yang berkembang pesat. Keuangan Shanghai, setelah berkembang dengan baik, akan menjadi saingan nyata bagi angkahongkong yang banknya tidak memiliki hak istimewa untuk memasuki pasar RMB. Beijing sekarang telah mengizinkan lembaga keuangan angkahongkong di bawah kerangka CEPA untuk melakukan beberapa jenis bisnis RMB, meletakkan dasar bagi kemungkinan pendirian angkahongkong sebagai pusat perdagangan lepas pantai untuk RMB yang tidak dapat diubah lagi di tahun-tahun mendatang. Tapi, Shanghai ingin melakukan ini juga. Oleh karena itu, pemerintah dan pengusaha angkahongkong harus memperkuat aktivitas lobinya di Beijing untuk memperluas cakupan bisnis RMB luar negeri bagi lembaga keuangan angkahongkong.

Menjadi pusat perdagangan RMB lepas pantai mungkin sangat penting bagi masa depan keuangan angkahongkong dan pertumbuhan ekonomi. Mirip dengan angkahongkong, London memiliki sektor jasa yang membentuk 84% dari ekonominya. Pada awal 1960-an, bank-bank Amerika mendirikan pasar Eurodollar di London untuk menghindari peraturan perbankan domestik mereka, dan pada pertengahan 1990-an, London telah menjadi pusat keuangan terbesar di dunia karena pasar Eurodollarnya, di mana sekitar US$ 462 miliar mengalir. setiap hari, lebih besar dari US$ 236 miliar di pasar domestik AS (Schenk, 1998). Jika Beijing dapat dibujuk untuk memilih angkahongkong sebagai pusat RMB lepas pantai, maka status keuangan London hari ini mungkin mencerminkan posisi angkahongkong di dunia keuangan masa depan. Ini karena RMB diperkirakan akan tumbuh dalam penggunaan dan pengaruhnya di Asia dan sekitarnya, dan ekonomi China akan mendekati Amerika di masa depan

angkahongkong dan Shanghai memainkan peran yang berbeda pada tingkat yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda untuk perekonomian regional dan China. angkahongkong telah menjadi pusat keuangan internasional yang mapan, sementara pelanggan keuangan Shanghai adalah orang Cina atau orang asing yang memiliki bisnis di Cina untuk jangka panjang. Tentunya, jika angkahongkong menjadi hub perdagangan RMB, itu akan memainkan peran yang lebih penting bagi perekonomian China. Jadi, berdasarkan tingkat skala yang berbeda, produk keuangan, internasionalisasi, dan profesionalisasi staf, angkahongkong dan Shanghai akan saling melengkapi daripada bersaing dalam jangka panjang, dan status Hong Hong sebagai pusat keuangan internasional tidak akan berubah dalam jangka pendek.

Terakhir, sistem pemerintahan angkahongkong perlu direformasi agar dapat memainkan peran besar dalam mendorong pembangunan ekonomi jangka panjang. Seperti yang ditunjukkan sebelumnya, hubungan angkahongkong dengan daratan sangat mendasar dalam menentukan nasib sosial-ekonominya, dan hubungan saling melengkapi ini telah menghasilkan manfaat yang sangat besar. Kerja sama termudah dengan daratan telah dimanfaatkan oleh sektor swasta angkahongkong, dan integrasi lebih lanjut mengharuskan pemerintah angkahongkong untuk mengambil tindakan kritis. Ini akan menciptakan peluang besar bagi angkahongkong, tetapi pemerintah mungkin perlu memikirkan kembali apakah sistem laissez-faire-nya terus masuk akal secara ekonomi.

Karena biaya faktor yang tinggi melemahkan daya saing, pengusaha lokal telah melobi untuk penerbitan izin kerja yang lebih liberal kepada talenta daratan. Intervensi pemerintah yang mengundang ini mengguncang sistem laissez-faire. Orang-orang mulai menyadari bahwa pemerintah seharusnya memainkan peran sentral dalam mendorong pertumbuhan jangka panjang, tetapi sistem pemerintahan saat ini tidak cocok untuk tugas ini. Di era kolonial, keputusan kunci diarahkan oleh London ke pejabat angkahongkong, dan sekarang oleh Hukum Dasar, Beijing tidak dapat mengirimkan instruksi. Jadi, pemerintah harus membuat keputusan sendiri, tetapi ini jelas merupakan pekerjaan berat bagi pemerintah muda yang tidak berpengalaman.

Namun, adalah tanggung jawab pemerintah untuk mengurus perencanaan strategis jangka panjang kota, yang dapat mengirimkan sinyal yang jelas kepada pasar tentang arah pembangunan. Sektor swasta biasanya mencari pengembalian pasar jangka pendek dan akan mengalihkan investasi mereka ke tempat lain dengan pengembalian yang lebih tinggi. Hanya pemerintah yang dapat bertindak untuk kepentingan jangka panjang kota melalui perencanaan yang matang. Misalnya, dengan infrastruktur di banyak bagian angkahongkong yang bobrok dan terbelakang, transformasi perkotaan mengharuskan pemerintah untuk merencanakan dan membelanjakan. Pada tahun 2016, pemerintah pusat Beijing memasukkan ekonomi angkahongkong dan Makau dalam “Rencana Lima Tahun ke-13” (Luo dan Xiao, 2017). Ini adalah peluang baru bagi angkahongkong dan juga tantangan besar bagi sistem pemerintahannya. Banyak pembicaraan terdengar di wilayah tersebut tentang apakah angkahongkong dapat terpinggirkan dari pembangunan nasional jika pemerintah tetap berpegang pada tradisi yang ringan dan tetap lemah dalam perencanaan strategis atau koordinasi administratif.


Salah satu kedala dalam reformasi pemerintahan adalah kondisi psikologis beberapa elit lokal serta pengaruh kepentingan pribadi. Meskipun angkahongkong sekarang dilemahkan oleh pemisahan fisiknya dari daratan, beberapa di wilayah itu masih bersikeras bahwa pemisahan harus dipertahankan. Mereka mengejar dua hal yang saling bertentangan – kemandirian sosial dan saling ketergantungan ekonomi tanpa mempertimbangkan trade-off mereka. Tidak dapat dibayangkan bahwa masyarakat bebas dengan sengaja menahan arus bebas orang dan informasi melalui pemisahan perbatasan yang terkutuk. Orang-orang tidak takut bahwa gerakan pro-demokrasi angkahongkong akan menakut-nakuti bisnis untuk didirikan di sini, tetapi kota itu akan gagal menarik bakat-bakat daratan. Juga, pengaturan tertentu di bawah sistem saat ini membuat sulit untuk mengorbankan kepentingan jangka pendek dari beberapa orang untuk pembangunan jangka panjang dari seluruh masyarakat. Jika pemerintah tidak dapat menghadapi hambatan mental dan kepentingan pribadi, angkahongkong akan gagal meningkatkan daya saingnya, dan pengejaran cepat Shanghai mungkin dilakukan.


Kesimpulan

Makalah ini telah memeriksa beberapa kekhawatiran populer tentang masa depan angkahongkong dari perspektif historis dan membahas perkembangan jangka panjang angkahongkong dengan cara berwawasan ke depan. Kebangkitan angkahongkong bertepatan persis dengan jatuhnya Shanghai, tetapi kebangkitan kembali Shanghai tidak perlu berarti kematian angkahongkong yang pertumbuhannya bertumpu pada pembangunan China. 

Shanghai tidak dapat melampaui angkahongkong dalam hal pendapatan per kapita dalam waktu dekat juga tidak akan menggantikan angkahongkong sebagai satu-satunya pusat keuangan internasional Cina. Namun, kemungkinan besar angkahongkong akan diambil alih oleh Shanghai jika terus mengabaikan pendidikan penduduknya atau enggan bekerja sama dengan daratan. 

Karena daerah pedalaman yang tidak tumpang tindih dan perbedaan struktur ekonomi, kedua kota tersebut tidak saling menggantikan dalam pembangunan wilayah; hubungan mereka sebagian besar saling melengkapi, tidak memiliki persaingan langsung karena, tidak seperti angkahongkong, Shanghai tidak bergantung pada layanan saja untuk pertumbuhan. 

Melalui integrasi lebih lanjut dengan ekonomi PRD berbiaya rendah, angkahongkong dapat tetap kompetitif dengan melindungi dirinya dari persaingan berbiaya rendah yang ditimbulkan oleh Shanghai dan YRD. Untuk mengekstraksi komplementaritas, kedua kota harus bekerja sama dengan koordinasi antar pemerintah yang kuat. Mengingat sistem tata kelolanya, kami tidak optimis dengan modernisasi industri angkahongkong. 

Kami memiliki alasan untuk menduga bahwa ia akan lebih dekat dengan layanan tanpa terobosan besar dalam industrialisasinya, kecuali jika pemerintahnya memiliki tekad yang kuat dan visi yang besar. Makalah ini juga telah memberikan rekomendasi kebijakan tertentu, yang paling penting adalah reformasi sistem pemerintahan angkahongkong dengan perubahan pendekatan kebijakan yang minimalis. Kami percaya bahwa, jika semuanya berjalan dengan baik, Shanghai bisa menjadi kota seperti New York di AS, sementara angkahongkong akan berkembang menjadi kota seperti London di Eropa.

Yang pasti, tidak ada pemerintah yang mahakuasa. Mereka tidak dapat membuat ekonomi mereka kebal dari resesi atau krisis, tidak peduli berapa banyak yang mereka inginkan. Namun di sisi lain, karena sekarang dua kota baik di bawah pemerintah pusat yang sama dan bagian dari ekonomi China yang sama, angkahongkong dan Shanghai sekarang lebih erat terkait dari sebelumnya, di saat-saat baik maupun buruk. Posisi/hubungan relatif mereka, meskipun berkembang secara dinamis, akan tetap kurang lebih sama di bawah arahan pemerintah yang sama, dalam situasi win-win, saling melengkapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar